BAGIMEDIA - Kylie Jenner, pengusaha muda kelahiran 10 Agustus 1997 yang mulai dikenal karna membintangi sebuah serial televisi di Amerika Serikat baru-baru ini ramai diperbincangkan oleh publik karna perkiraan pendapatan yang ia dapatkan dari postingan promosi di akun Instagramnya. Menurut daftar kekayaan Instagram tahun 2018 oleh Hopper HQ, Kylie mendapatkan bayaran sekitar 1 juta dolar per posting. Disusul oleh Selena Gomez dan Cristiano Ronaldo.

"Semua orang pernah melihat atau menanggapi pemasaran pada influencer, tapi apakah mereka tau (bayaran) atau tidak?" kata Mike Bandar, wakil pendiri Hopper HQ.

"Kami pikir ini sangat menarik untuk di eksplorasi, merayakan pertumbuhan industri dan menginspirasi mereka yang ingin menjadi influencer" tambahnya.

Juli kemarin, Kylie menjadi wanita termuda di daftar Forbes, majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat yang berjudul Wanita Amerika Terkaya (usaha sendiri) dengan perkiraan pendapatan senilai 900 juta dolar, berkat popularitas Kylie Cosmetic di sosial media.

Namun, Bandar mengakui bahwa ia terkesan dengan Kylie karna untuk mendapatkan satu postingan promosi dengan harga tersebut sangatlah sulit: "bahkan standar industri, dimana saja, bayaran dengan angka mendekati 1 juta dolar sangat tinggi".

Berikut 10 Seleb Dengan Bayaran Promosi Termahal di Instagram tahun 2018:

1. Kylie Jenner

A post shared by Kylie (@kyliejenner) on

Harga per posting: 1 juta dolar (naik dari 400 ribu dolar di tahun 2017)
Jumlah pengikut Instagram: 112 juta

2. Selena Gomez

A post shared by Selena Gomez (@selenagomez) on

Harga per posting: 800 ribu dolar (naik dari 550 ribu dolar di tahun 2017)
Jumlah pengikut Instagram: 139 juta

3. Cristiano Ronaldo

Harga per posting: 750 ribu dolar (naik dari 400 ribu dolar di tahun 2017)
Jumlah pengikut Instagram: 137 juta

4. Kim Kardashian West

Harga per posting: 720 ribu dolar (naik dari 500 ribu dolar di tahun 2017)
Jumlah pengikut Instagram: 114 juta

5. Beyoncé Knowles

A post shared by Beyoncé (@beyonce) on
Harga per posting: 650 ribu dolar
Jumlah pengikut Instagram: 111 juta

7. Justin Bieber

A post shared by Justin Bieber (@justinbieber) on
Harga per posting: 650 ribu dolar
Jumlah pengikut Instagram: 102 juta

8. Neymar da Silva Santos Junior

A post shared by Nj 🇧🇷 👻 neymarjr (@neymarjr) on
Harga per posting: 600 ribu dolar
Jumlah pengikut Instagram: 101 juta

9. Lionel Messi

Harga per posting: 500 ribu dolar
Jumlah pengikut Instagram: 97.4 juta

10. Kendall Jenner

A post shared by Kendall (@kendalljenner) on
Harga per posting: 500 ribu dolar (naik dari 370 ribu dolar di tahun 2017)
Jumlah pengikut Instagram: 93.3 juta

Sejak banyak individu dan merek yang terlibat dalam kesepakatan sponsor yang tertutup, membuat biaya per posting yang tepat menjadi buram.

Hopper HQ memberi peringkat berdasarkan perkiraan yang didapat dari beberapa perusahaan yang terkait dan menghitung berdasarkan jumlah pengikut, status, merek dan reaksi dari pengguna Instagram pada postingan promosi yang lalu.

Tahun 2017, Forbes menjelaskan bahwa pemilik akun Instagram dengan jumlah pengikut sekitar 100 ribu dapat menghasilkan 5.000 dolar per posting jika terlibat dalam kemitraan dengan perusahaan atau merek.

1 juta dolar untuk sekali posting di akun Instagram Kylie Jenner terlihat masuk akal, apalagi ia sudah terbukti dapat meningkatkan penjualan. Terutama untuk perusahaan seperti Unilever yang memiliki anggaran pemasaran lebih dari 8.1 miliar, bekerja dengan bintang media sosial untuk mendapatkan eksposur khalayak baru.

Meskipun jumlah pengikut sangat penting untuk menghitung peringkat mereka, Bandar menjelaskan bahwa peringkat juga tergantung pada jumlah keterlibatan, siapa yang mengikuti mereka hingga perusahaan atau merek yang terlibat.

Itulah alasan mengapa perkiraan Selena Gomez dan Cristiano Ronaldo lebih rendah daripada Kylie Jenner, walaupun mereka memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak.

Tidak sedikit orang-orang biasa yang terlibat. Rachel Mansfield misalnya, influencer kesehatan yang dipecat dari pekerjaannya dimana saat itu ia berpenghasilan 50 ribu dolar dalam setahun. Lalu tidak lama kemudian, ia mulai bermitra dengan beberapa merek untuk postingan bersponsor di akun Instagramnya. Pada akhirnya ia menghasilkan sekitar 100 ribu dolar dalam setahun.

Ia mengatakan "Kamu seharusnya tidak berharap untuk menjadi seorang influencer sukses dalam semalam, meskipun itu menguntungkan. Yang kamu butuhkan adalah percaya diri karna orang-orang akan mencoba untuk berjalan diatas kamu".

"Kamu harus tau berapa hargamu" tambahnya.