BAGIMEDIA - Sabtu (04/08/2018) dini hari seorang pengguna Facebook berinisial RG mengunggah foto maling ubi yang dibuat babak belur oleh warga. Sampai saat ini netizen masih meluncurkan komentar.

Kejadian ini mengingatkan Bagas pada lagu Marjinal yang berjudul Hukum Rimba: maling-maling kecil dihakimi, maling-maling besar dihakimi.

Sebagai bangsa Indonesia seharusnya pelaku (yang membuat babak belur) tahu bahwa negara Indonesia adalah negara hukum seperti yang tertulis pada Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 1 Ayat 3 setelah amandemen.

Netizen membandingkan koruptor dengan maling ubi.

"hanya karna maling ubi kalian hajar sampai babak belur bahkan ada yg sampai tewas sedangkan para koruptor kenapa tidak kalian hajar sampai babak belur atau pun hingga tewas karna koruptor itu merugikan rakyat dan negara ???"

"Ini yang pantas d gebugin mh...para koruptor pindah sel kaya mau liburan ajja..."

"Kasian banget . yg korupsi miliaran seharusnya di giniin."

"Mental pecundng... woe itu orang tua ... maling ubi bukan koruptor yg makan uang Milyaran"

"Pemerintah yang korup makan uang rakyat aja gak sampai di giniin Yaallah hanya maling ubi. sudah tua pula. apa pantas dapat babak belur sampai berdarahdarah yaallah kasian sekali , semoga kakek dapat pekerjaan dan rizki berlimpah ya kek , sehat selalu biar bisa cari ubi yang halal aminyarobbalalamin"

"Sialan maling ubi digebukin sampe ilang tuh gigi bapak itu. . .maling uang rakyat noh di lapas kamarnya kyk hotel. . Yg ngeshare ini juga goblok, tamat juga lu SD tong. . Harusnya jangan di share kalo ada jambret HP atau maling sepeda motor ketangkep bolehlah elu share tong tong.. ."

"Dimana keadilan bagi seluruh rakyat indonesia?? Maling ubi dihakimi sampai berlumuran darah,,,mengapa KORUPTOR di bela-bela agar tidak diberi hukuman,,,!! Dimana letak keadilan??"

Ada pelajaran yang bisa diambil dari kejadian ini:
  1. Jangan menjadi maling walaupun yang diambil sebesar butiran debu. Maling itu bukan profesi dan maling itu dilarang oleh agama.
  2. Jangan main hakim sendiri, lebih baik selesaikan secara baik-baik. Apalagi yang dicuri ubi. Kecuali maling tersebut memberontak ataupun memberi perlawanan.